Kabinet Indonesia Maju: ‘Jangan Korupsi, Serius, Bisa Saya Copot di Tengah Jalan’

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10).

Dalam mengumumkan kabinet di tangga Istana Merdeka Rabu (23/10), Jokowi meminta para menterinya untuk “orientasi pada kerja nyata…cek masalah di lapangan dan temukan solusinya.”

“Serius dalam bekerja, yang tidak serius, hati-hati bisa saya copot di jalan,” tambah Jokowi.

Muat Lebih

Di antara para menteri yang dipilih dan akan dilantik pada hari yang sama adalah Mahfud MD sebagai Menteri Politik Hukum dan Keamanan menggantikan Wiranto serta Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan.

Saat mengumumkan Prabowo, Jokowi mengatakan mantan saingannya dalam pemilihan presiden pada 2014 dan 2019 itu akan mengurus pertahanan, satu hal “yang lebih tahu dari saya.”

Usai pelantikan para menterinya dan potret bersama di tangga Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo menghampiri para wartawan dan mengatakan “setelah pelantikan, hari ini kita langsung bekerja.”

Ditanya kenapa diberi nama Kabinet Indonesia Maju, Jokowi mengatakan, setelah dalam periode lima tahun lalu berfokus pada “kerja, kerja, kerja, maka pada saat ini “dikerucutkan untuk mengantarkan Indonesia maju.”

Wartawan kemudian bertanya tentang target 100 hari, Jokowi menegaskan tidak ada target seperti itu.

“Karena kita melanjutkan dari sebelumnya,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah saat ini mengejar defisit neraca perdagangan, defisit transaksi berjalan, serta membuka lapangan pekerjaan. “Kita akan menarik investasi sebanyak-banyaknya,” kata Jokowi.

Dia menambahkan, reformasi birokrasi akan dilakukan secara kongkrit, dan “hal-hal ribet disederhanakan.”

“Tentu saja, prioritas utama kita dalam lima tahun ke depan, adakah pembangunan sumber daya manusia,” tandasnya. [bbc.com]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *